10 Keajaiban Alam Di Dunia yang Pernah Terjadi

Diposting oleh The Real Time Sabtu, 07 Mei 2011

1. Sungai Amazon (Brazil/Peru)
Amazon adalah sungai terbesar di dunia. Dengan daerah asalnya di Andes, di Peru, dan anak sungai yang tak terhitung banyaknya di sepanjang Brazil, sungai ini mengalir 4.000 mil(6640 km) hingga ke samudera atlantik, meski sistem anak-anak sungai amazon mungkin memiliki panjang keseluruhan 50.000 mil (80.500 km), secara kasar hanya separuhnya yang bias di lalui.
sungai amazon berakhir di samudera atlantik, namun memiliki sumber air dengan jarak 100 mil (160 km) dari samudera pasifik. Ini adalah keistimewaan geografis yang dominan bagi sungai amazon yang terletak di sebelah utara Amerika Selatan, dan memiliki saluran jalan air yang mencakup 2.5 juta mil persegi (6.5 juta km persegi).
Sungai Maranon yang biasanya dianggap sebagai bagian atas dari sungai amazon, terbentuk di andes, sebelah timur laut Lima, pada ketinggian 14.000 kaki (4.300 m). sungai ini hanya bisa di lalui sepanjang 200 mil(320 km) dari samudera pasifik hingga timur Iquitos dengan kapal besar. Dari perbatasan Brazil hingga kota Manaus, Amazon dikenal sebagai Solimoes.
Anak Sungai besar mencakup Yavari, Jutahy, Jurua, Purus, dan Madeira (anak sungai terbesar) di bagian selatan, dan Ica (Putumayo), yang bersimpangan dengan dengan Tocantins, sebuah jalur lalulintas air di pedalaman yang terbentang sepanjang 1.500 mil (2.400 km) dari utara ke arah selatan.
Karena memiliki air terjun dari ketinggian Andes, maka 2.000 mil (3.200 km)bagian akhir dari sungai Amazon biasanya datar dan tenang, hanya sedikit yang berarus deras. Sungai ini mengalir dengan kecepatan tiga hingga 5 mil per jam (5 hingga 8 km per jam), kecuali pada saat banjir. Sungai amazon seringkali keliatan begitu luas dan tenang, sehingga tampak bagaikan sebuah danau. Dari Manaus, sungai amazon memilki lebar 2 sampai 4 mil (3 sampai 6 km), namun kemudian melebar hingga 15 mil (24 km)di bagian hulu dari samudera atlantik, dan lebarnya 50 mil (80 km) pada bagian mulutnya.
Sebagian besar daerah Amazon yang sangat luas di kelompokkan sebagau alam yang tropis dan subtropis, dan mencakup Amazon Rain Forest yang besar, hutan hujan yang paling besar di dunia. Amazon dijelajahi untuk pertama kalinya oleh Eropa pada ekspedisi tahun 1450, Fransisco de Orellana, yang mengambil namanya dari prajurit wanita dalam mitologi Yunani, setelah ia menyaksikan wanita penduduk asli yang bersenjata di pantai. Pada masa kini daerah ini menjadi subjek aktivitas penambangan dan penebangan yang seringkali menjadi kontroversi

2. Danau Baikal (Russia)
Danau yang terdalam di dunia juga adalah danau air segar yang terbesar di daratan luas Eurasia. Sebuah danau kuno yang mungkin berasal dari masa Periode Jurassic (Dinosaurus), Danau Baikal, mencakup sebuah area seluas 12.162 mil persegi (31.499 km persegi).
Ukurannya adalah dengan panjang 395 mil (635 km), dan lebar 49 mil (79 km) pada titiknya yang terlebar, dan sedalam 6.365 kaki (1940 m) di bawah permukaan laut. Airnya sangat jernih, sehingga memungkinkan untuk melihat 130 kaki (40 m).
Danau ini sebagian di kelilingi oleh daerah lapang yang bergunung-gunung dan curam, kecuali bagi area di sekitar mulut selaga.
Ada lalu-lintas kapal yang cukup padat di danau pada musim panas, namun sebagian besar danau tetap membeku dari bulan desember hingga mei, saat ada lalu-lintas permukaan yang melintas es.

3. Goa Carlsbad (New Mexico, Amerika Serikat)
Terletak di bawah gunung Guadalupe, Labririn alami yang terletak di bawah tanah ini panjangnya adalah beberapa mil, dan adalah jenis terbesar yang telah ditemukan di dunia. Labirin ini memiliki 76 goa yang terpisah, dan banyak wilayah di sekelilingnya yang masih belum terjelajahi. Goa Carlsbad ada pada tiga tingkat, rata-rata 750.900 dan 1.320 kaki (230.270 dan 400 m) di bawah permukaan. Puncak terdalamnya adalah 1.565 kaki (480 m) di bawah permukaan.
Ruangan tunggal terbesar adalah yang sewajarya diberi nama Big Room, adalah sebuah goa dengan bentuk menyilang 1.800x1.100 kaki (550x340 m), dengan puncak langit naik setinggi 255 kaki (80 m) di atas permukaan lantai
Goa ini terkenal bagi masyarakat kuno penduduk asli, kemudian ditemukan kembali oleh para pemukim pada abad ke 19 eksplorasi ekstensif pertama di adakan di Goa Carlsbad telah di laksanakan oleh Jim White sekitar tahun 1910, namun ruangan utama sebelumnya yang belum dieksplorasi telah di temukan pada tahun 1966, 1982, dan 1984. Goa Carlsbad menjadi Monumen Nasional Amerika Serikat pada tahun 1923 dan di rancang kembali sebagai taman Nasional pada tahun 1930. Jim White adalah penjaga pertama Goa Carlsbad.

4. Gunung Krakatau (Indonesia)
Pada pukul 09:00, waktu setempat, tanggal 27 Agustus 1883,(Zaman ini ada kaskus gak ya?) Krakatau hanyalah satu dari berbagai pulau yang tidak berpenghuni dan memiliki gunung aktif, terletak di jalur antara jawa dan sumatera, yang saat ini adalah Indonesia. Satu jam berikutnya, Krakatau meledak dengan kekuatan 1.482 Megaton, 26 kali lebih kuat dari bom Hidrogen terbesar yang pernah di ledakkan. Ledakan Krakatau melontarkan runtuhan sejauh 34 mil (55 km) ke udara dan membunuh 36.380 orang dalam ledakannya yang menghasilkan gelombang pasang.
Puing jatuh sepuluh hari di area yang sangat luas, mencapai 3.313 mil (5.331 km), yang ledakannya telah terdengar dalam area yang luasnya melebihi Benua Afrika. Abu atmosfer telah menyebabkan warna kemerah-merahan pada saat matahari terbenam selama 3 tahun.

5. Gurun Kalahari (Botswana, Afrika Bagian Selatan)
Gurun Kalahari adalah lautan pasir yang bisa di katakana terhampar di seluruh Botswana dan meliputi Angola, Zimbabwe dan Zaire. Karena lebih besar di bandingkan area Gurun Sahara mana pun yang bisa di bandingkan, di mana pasir diselingi oleh bagian batu-batu kerikil, maka Kalahari adalah konsentrasi pasir murni terbesar.
Padang Pasir ini tampaknya memang bukan tempat yang ramah, dan Kalahari adalah tempat tinggal masyarakat San, yang merupakan orang-orang semak belukar, yang kebudayaan diperkirakan tidak berubah selama 250 abad. Mereka bertahan hidup dengan mengalir air di bawah tanah atau sungai bawah tanah.
Kalahari adalah tempat tinggal banyak spesies ular, antelop, dan burung pemangsa. Ia juga mencakup situs arkeologi yang penting dengan mahakarya seni Paleolithic dan suhu di Kalahari biasanya mencapai 50 derajat celcius.(buseett kalau di sini 50 derajat dah gosong)

6. Nohoch Na Chich (Quintana Roo, Meksiko)
Nohoch Na Chich terletak di meksiko, Quintana Roo adalah rumah bagi Nohoch Na Chich, sebuah jaringan labirin goa bawah air. Eksplorasi dunia yang ganjil ini telah di laksanakan pada tahun 1987, dan dalam waktu tujuh tahun, jalur sepanjang 70.087 kaki (21.363 m) telah di petakan, namun masih banyak yang harus dijelajahi.
Dalam kenyataan ini, maka sejauh ini Nohoch Na Chich adalah sistem goa bawah air yang terpanjang, yang di ketahui ada di dunia.

7. Gunung Laut Tonga Trench (Pasifik Selatan)
Gunung tertinggi yang tidak bisa di lihat dari permukaan adalah Gunung Laut Tonga Trench yang terletak antara Samoa dan Selandia Baru. Gunung ini ditemukan tahun 1953, Gunung ini naik setinggi 28.500 kaki (8.700 m) dari dasar laut, namun puncaknya masih 1.200 kaki (370 m) di bawah permukaan laut.

8. Tristan da Cunha (Atlantik Selatan)
Tristan da Cunha memiliki keistimewaan menjadi tempat yang didiami, yang terjauh dari tempat lain yang didiami. Meski terdapat pulau-pulau yang tidak didiami di dekatnya, pulau terdekat yang didiami adalah pulau Santa Helena, 1.300 mil (2.100 km) jauhnya.
Terletak di Atlantik Selatan, pada garis antara Beunos Aires dan Cape Town, pulau ini ditemukan pada bulan maret tahun 1506, kemudian diberi nama Tristan da Cunha, yang adalah seorang navigator berkebangsaan portugis dengan penjelajahan dalam benaknya, bernama Thomas Currie, menapakkan kakinya di pantai yang memiliki gunung berapi ,tahun 1810. 6 tahun kemudian, pulau ini berada dalam wilayah kekuasaan Inggris, hingga saat ini.
Pusat Pulau ini adalah sebuah gunung berapi dengan ketinggian 6.750 kaki (2.060 m), yang letusannya telah memaksa para penghuni pulau mengungsi selama 2 tahun. Pada saat ini, sekitar 300 orang menyebut Tristan da Cunha sebagai “Rumah”

9. Gunung Kuning (Huang Shan) (Cina)
Terletak di sebelah selatan Sungai Yangtze dan di dekat perbatasan antara provinsi Jiangxi dan Anhui, terdapat rentang pegunungan yang di kenal sebagai Gunung Kuning. Ini sebenarnya terdiri dari 72 pegunungan, dan masing-masing vertikal hamper tidak bisa dipercaya. Penulis Kuno, Xi Xiake mengatakan bahwa setelah menyaksikan kelima gunung suci Cina, maka ia tidak bisa memandang ke pegunungan biasa, namun setelah ia menyaksikan Gunung Kuning, maka ia tidak lagi memandang ke lima gunung suci.

10. Gunung Santorini (Laut Aegean)
Gunung Santorini di pulau Thera pernah menduduki pojok laut Aegean sekitar 60 mil (100 km) sebelah utara Kreta. Sebagaimana telah direkonstruksi dari catatan kuno, penghancurannya pada tahun 1628 SM adalah ledakan terbesar di Bumi yang pernah tercatat Sejarah. Seluruh bagian sentral pulau telah runtuh, menghancurkan kota Akrotiri. Saat ini dipercaya bahwa kejadian ini adalah sumber dari kisah Plato mengenai kehancuran Atlantis.
Sebenarnya ledakan ini 3 x lipat di bandingkan dengan ledakan tanggal 27 Agustus 1883 di pulau Krakatau. Ukuran ledakan Santorini secara kasar telah di perkirakan kekuatan 4.400 megaton, yang 78 x lebih besar dari kekuatan bom hidrogen yang pernah diaktifkan.
Letusan Santorini kemungkinan menyemprotkan debu sejauh 100 mil (160 km) ke udara, dan bahkan mungkin ke orbit di ruang angkasa. Jumlah kematian tidak diketahui, namun jika Krakatau telah membunuh 36.380 orang melalui letusannya dan mengakibatkan gelombang raksasa, maka Santorini mungkin telah menyebabkan kematian hingga 100.000 orang, karena pulau Yunani memang memiliki populasi cukup padat pada tahun 1628 SM.
Debu sudah bisa dipastikan jatuh di Mesir dan Mesopotamia, dan kemungkinan mencapai India dan Perancis. Ledakannya mungkin telah terdengar seluruh Eropa, dan sebagina besar Afrika dan Cina.

0 komentar

Posting Komentar

image
image